Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Eddy Berutu Dairi Pimpin Rapat Evaluasi

    Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Eddy Berutu Dairi Pimpin Rapat Evaluasi

    DAIRI-Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan evaluasi perkembangan Covid-19 dan berbagai upaya akan dilakukan Satgas sebagai langkah awal pengendalian penyebaran "Dalam seminggu terakhir, di Kabupaten Dairi terjadi lonjakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

    Data terakhir yang diupdate, Dinas Kesehatan Dairi per tanggal 21 Februari yang dirilis pada 22 Februari 2022 jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Dairi menjadi 276 orang. Jika sebelumnya hanya 234 orang. Total kenaikannya 42 orang. 

    Jumlah tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan. Namun dari data dinas kesehatan, kecamatan yang paling banyak terkonfirmasi positif Kecamatan Sidikalang 139 orang. Kemudian disusul Kecamatan Sumbul 40 orang dan Silima Pungga-punga 30 orang. Tentu jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya. 

    Menyikapi persoalan tersebut, Bupati Dairi Dr Eddy Berutu memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kantor Bupati Dairi, Selasa (22/2/2022) tentang perkembangan Covid - 19 di Kabupaten Dairi. 

    Dalam rapat tersebut, Bupati Dairi menjelaskan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 angka penyebaranya harus bisa ditekan. dengan cara peran semua pihak untuk bersama-sama agar situasi Covid 19 bisa terkendali. 

    Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada tokoh dan masyarakat untuk menghimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Sosialisasi yang digenjarkan kepada masyarakt untuk menghindari kerumuman dan mengurangi mobilitas bepergian ke luar rumah. Selain itu, Dinas Kesehatan harus terus menggencarkan vaksinasi. 

    "Vaksinasi harus terus digencarkan. Sosialisasi berupa ajakan kepada masyarakat untuk melakukan vaksin terus dilakukan, harus dikebut itu, " katanya. 

    Eddy mengatakan, tingkat vaksinasi untuk dosin ketiga masih rendah yakni 5, 07 persen. Sementara untuk vaksin pertama dan kedua sudah tinggi. 

    "Untuk vaksin dosis pertama 82, 75 persen. Untuk lansia dosis pertama 79, 41 persen. Selanjutnya anak usia 6-11 tahun dosis pertama 99, 59 persen dan dosis kedua 88, 85 persen. 

    Dalam rapat tersebut, Eddy Berutu juga mengajak TNI-Polri, pihak Satpol PP dan pihak kecamatan dan desa untuk mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. 

    "Saya kira kita harus sama-sama melakukannya. Kira harus bekerja sama, kita harus memberikan rasa aman kepada masyarakat, " katanya.

    Dalam pertemuan tersebut, Eddy juga mengatakan soal bantuan pemerintah kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah. 

    "Saya meminta dinas sosial dan dinas kesehatan turun dan mendata siapa saja yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kemudian saya meminta dinas sosial untuk segera memberikan bantuan beruta pemenuhan kebutuhan dan gizi kepada orang yang melakukan isolasi mandiri, " ucapnya. 

    Selain itu, Eddy meminta kepala desa untuk mengaktifkan satgas Covid - 19 di desa. "Saya kira Pemdes dan pihak kecamatan meminta pihak kepala desa untuk mengaktifkan satgas kembali, " pintanya. 

    Eddy juga menjelaskan jumlah Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Sidikalang saat ini dengan jumlah 16 orang pasien maka ketersediaan tempat tidur 54 dengan BOR 29, 62 persen.

    Sementara Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman dalam paparannya mengatakan setiap desa atau kelurahan mengoptimalkan posko penangnan Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

    Dirinya juga mengatakan pihaknya secara rutin melakukan yustisi di tempat-tempat rawan penyebaran Covid-19 dengan dukungan dari Pemda. 

    Pihaknya juga melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan KRYD dengan yang melibatkan Kodim 0206 Dairi, satpol PP dengan sasaran rumah makan, kafe, dan menghimbau membatasi jam operasional. ( Karmel ) 

    DAIRI
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Tindaklanjuti Instruksi Bupati Dairi, Dinas...

    Artikel Berikutnya

    13 Kepala Daerah Terima Penghargaan Dari...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 333

    Postingan Tahun ini: 1547

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 324

    Postingan Tahun ini: 2084

    Registered: Jul 16, 2020

    Basory W

    Basory W

    Postingan Bulan ini: 185

    Postingan Tahun ini: 619

    Registered: Oct 11, 2021

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 171

    Postingan Tahun ini: 277

    Registered: Mar 10, 2022

    Profle

    REPLIZAR

    Hampir 5 Bulan, Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur di Polres PakPak Bharat Belum Tertangkap
    Pengurus Yayasan Jurnalisme Peduli Sosial Gelar Halal Bi Halal Idul Fitri 1443 H
    Wujud Bakti pada Negeri, Kemenkumham Jateng Dukung Launching Buku Sesepuh Berbagi

    Follow Us

    Recommended Posts

    Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh dan Bapak Bangsa 
    Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh dan Bapak Bangsa 
    Polri Paparkan Pengamanan dan Penanganan Bencana 91 Command Center Bali ke Deputi Sekjen PBB
    Tutup Festival Musik Jalanan, Kapolri Komitmen Bangun Ruang Demokrasi yang Positif untuk Jaga Persatuan 
    Zainal Bintang: Rindu Elon Musk